masalah distribusi
Pengertian Distribusi dari berbagai sumber:
1. Philip Kotler (1997:140) saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi.
2. The American Marketing Association , mendefinisikankalau saluran distribusi meupakan suatu struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui sebuah komoditi, produk atau jasa yang dipasarkan.
3. Menurut Winardi (1989:299) yang dimaksud saluran distribusi merupakan suatu kelompok perantara yang berhubungan erat satu sama lain dan yang menyalurkan produk-produk kepada pembeli.
4. C. Glenn WaIters, dalam tulisannya “Some Problems In Market Distribution” mengatakan bahwa saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.
5. Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
faktor yang sangat mempengaruhi dalam pemilihan
saluran distribusi. Bebrapa petunjuk dalam pemilihan saluran distribusi sebagai
berikut:
a. Sifat Barang
b. Sifat Pembayarannya
c. Biaya
d. Modal
e. Tingkat Keuntungan
Faktor-faktor tersebut antara lain:
1. Pertimbangan pasar
2. Pertimbangan produk
3. Pertimbangan perusahaan
4. Pertimbangan perantara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar