LIMA SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NASIONAL
AMERIKA SERIKAT
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sector khusus
Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board – FASB),
akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standardisasi mereka
adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs (Securities and Exchange
Commission –SEC). Kunci utama yang memungkinkan sistem shared power ini
bekerja dengan efektif adalah 1973 SEC Accounting Series Release (ASR)
No. 150 yang mengemukakan :
Komisi bermaksud melanjutkan kebijakannya dalam mencari
sector swasta untuk kepemimpinan dalam rangka membangun dan meningkatkan
prinsip-prinsip akuntansi. Untuk tujuan praktik kebijakan, prinsip, standar,
dan praktik yang dikeluarkan secara resmi oleh FASB dalam interpretasi dan
pernyataannya, yang dipertimbangkan oleh komisi yang memiliki dukungan
kewenangan substansial, dan bagi yang tidak setuju dengan keputusan FASB akan
dianggap tidak memiliki dukungan.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Perusahaan di Amerika Serikat dibentuk dibawah hukum Negara,
bukan hukum federal. Setiap Negara bagian memiliki peraturan dasar perusahaan
tersendiri. Banyak dari peraturan tersebut tidak kaku memaksa, serta laporan
yang diberikan kepada agensi local sering kali tidak bisa diketahui umum.
Dengan demikian, audit tahunan serta persyaratanlaporan keuangan secara
realistis hanya ada pada tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan
oleh SEC. oleh karena itu, SEC memiliki yurisdiksi terhadap
perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS serta perusahaan
yang berdagang over the counter. Perusahaan yang memiliki keuangan
terbatas tidak memiliki kewajiban persyaratan untuk laporan keuangan, yang membuat
Amerika Serikat terlihat ganjil dalam norma internasional.
SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standar
akuntansi dan laporan kepada perusahaan public akan tetapi bergantung pada
sector swasta dalam penerapan standardisasi tersebut. SEC dipilih oleh presiden
dan disetujui oleh senat dan memiliki kewenangan yang diberikan melalui
keputusan kongres. Sebagai bagian dari proses regulasi, SEC mengeluarkan accounting
series releases, financial reporting releases, dan staf accounting
bulletins.
FASB dibentuk pada tahun 1973 dan pada Desember 2006 telah
mengeluarkan Laporan Standar Akuntansi Keuangan 158 ( 158 Statements of
Financial Accounting Standards- SFASs). Tujuan SFASs adalah untuk
menyediakan informasi yang berguna untuk para invesrtor baik yang telah maupun
yang berpotensi menjadi investor, kreditor, dan lainnya yang memutuskan untuk
mengambil kredit, investasi dan sebagainya. Jika sebuah topic sudah masuk dalam
agenda kerja, staf teknik FSAB melakukan penelitian dan menganalisis, serta memberikan
saran tindakan yang harus dilakukan. Sebuah Discussion Memorandum (Memorandum
Diskusi) atau dokumen hasil diskusi lainnya disebarkan untuk mendapatkan
komentar, serta melakukan diskusi public.
Prinsip akuntansi yang umum berlaku (generally accepted accounting
principles- GAAP) terdiri atas seluruh standar akuntansi keuangan, peraturan,
dan regulasi yang harus dipatuhi dalam mempersiapkan laporan keuangan.SFASsmerupakan
komponen utama dari GAAP.
Sarbanes-Oxley Act memiliki dasar hukum pada tahun 2002, yang
secara signifikan memperluas persyaratan AS dalam perusahaan pemerintah,
penjelasan dan laporan, serta regulasi audit profesi. Di antara semuanya yang
paling penting adalah pembentukan PCAOB yaitu sebuah organisasi non-profit yang
diawasi langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
–
Menerapkan audit, pengendalian kualitas, etika, kemandirian, dan standardisasi
lainnya yang berhubungan dengan persiapan untuk laporan audit perusahaan agar
aman diketahui publik.
– Mengawasi
subjek audit perusahaan publik terhadap keamanan hukum.
–
Memeriksa akuntansi firma public yang telah terdaftar.
–
Mendukung akuntansi firma public, serta memberikan kasus kepada SEC atau badan
lain untuk menginvestigasi lebih lanjut.
Laporan Keuangan
Tipe laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar di AS
memiliki beberapa komponen di bawah ini:
1) Laporan manajemen,
2) Laporan auditor independen,
3) Laporan keuangan primer
(laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komprehensif, perubahan
ekuitas pemegang saham),
4) Diskusi manajemen, analisis
hasil oprasional dan kondisi keuangan
5) Penjelasan mengenai
kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan,
6) Catatan atas laporan
keuangan,
7) Perbandingan data keuangan
selama lima atau sepuluh tahun, dan
8) Data triwulan terpilih.
Patokan Akuntansi
Peraturan patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi
bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar
perhitungan akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat
bergantung pada konsep yang cocok.
Amerika Serikat bergantung pada harga perolehan untuk
menilai asset berwujud dan asset tidak berwujud. Penyesuaian nilai mata uang
hanya diperbolehkan setelah ada penggabungan bisnis (dihitung sebagai
pembelian). Metode akselerasi ataupun straight-line keduanya
diperbolehkan. Estimasi umur ekonomis digunakan untuk menentukan periode
penyusutan dan amortisasi. Seluruh biaya penelitian dan pengembangan dibebankan
saat terjadinya walaupun terdapat aturan khusus kapitalisasi untuk biaya software computer.
LIFO, FIFO, dan metode biaya rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara
luas untuk penetapan harga persediaan. Surat-surat berharga yang dapat
dipasarkan memiliki nilai di pasar jika surat-surat tersebut termasuk dalam held-to-maturity dan
dinilai pada harga perolehan.
Saat financial lease menjadi bahan dalam pembelian
properti, nilai properti tersebut dikapitalisasi dan korespondensi kewajiban
dibukukan. Biaya pensiun dan keuntungan lain setelah masa pensiun diakui selama
periode tertentu dimana para pegawai mendapatkan keuntungan, serta kewajiban
tanpa dana dilaporkan sebagai kewajiban. Kerugian bersyarat/kewajiban diakui
saat ada kemungkinan terealisasi dan jumlahnya dapat diestimasi. Teknik
memanipulasi pendapatan tidak diperbolehkan.Pendapatan pajak dihitung
menggunakan metode kewajiban. Pajak yang ditangguhkan diakui karena pengaruh
perbedaan sementara antara metode akuntansi pajak dengan keuangan, serta
dihitung berdasarkan tingkat pajak yang akan datang yanga kan digunakan saat item tersebut
kembali. Dibutuhkan alokasi pendapatan pajak yang komprehensif.
MEKSIKO
Meksiko memiliki Free–Market ekonomi yang besar:
Perusahaan milik pemerintah atau yang dikontrol perusahaan mengusai industri
perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahaan swasta mendominasi prabrik,
konstruksi, tambang, hiburan, serta industri pelayanan. Perjanjian yang paling
penting bagi Meksiko adalah North America Free Trade Agereement (NAFTA),
yang ditandatangani oleh Kanada dan Amerika Serikat pada tahun 1994.
Hampir 60% untuk perdagangan impor dan 90% untuk ekspor Meksiko berasal dari
Amerika Serikat. Meksiko merupakan negara dengan perekonomian tersebar kedua
belas (dalam hal produk domestik bruto).
NAFTA memberikan trend baru mengenai kerja sama yang lebih
kuat antara organisasi akuntansi Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat. Sekarang,
bentuk pengaturan standardisasi akuntansi ketiga negara tersebut berkomitmen
pada program harmonisasi dan mencoba untuk selalu bekerja sama. Sebagai pendiri International
Accounting Standards Kommittee (sekarang menjadi International
Accounting Standards Board). Meksiko juga berkomitmen untuk bekerja sama
dengan IFRS. Sekarang Meksiko menurut IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan
permasalahan akuntansi yang muncul, terutama dalam kasus dimana tidak tercantum
dalam standardisasi Meksiko.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Mexican Commercial Code dan hukum pendapatan pajak
mengandung persyaratan untuk menjaga kumpulan data pembukuan tertentu dan
mempersipkan laporan keuangan, akan tetapi pengaruh mereka terhadap laporan
keuangan secara umum tidaklah lebih besar.
Mexican Instituite of Public Accounting Tants (Instituto
Mexicano De Ontadores Pulicos) mengeluarkan standardisasi proses audit melalui
Auditing Standards and Procegjures Commision. Institute tersebut, federasi negara bagian, Assosiasi sosial yang terdaftar sebagai akuntan publik merupakan assosiasi pergerakan independen profesional non-pemerintah yang mewakili banyaknya akuntan publik besar. Profesi akuntansi di Meksiko sudah berkembang, teratur dan dihormati oleh komunitas bisnis.
Auditing Standards and Procegjures Commision. Institute tersebut, federasi negara bagian, Assosiasi sosial yang terdaftar sebagai akuntan publik merupakan assosiasi pergerakan independen profesional non-pemerintah yang mewakili banyaknya akuntan publik besar. Profesi akuntansi di Meksiko sudah berkembang, teratur dan dihormati oleh komunitas bisnis.
Walaupun sistem yang legal berdasarkan pada hukum publik, pengaturan
standardisasi akuntansi di Meksiko menggunakan pendekatan sistem
Inggris-Amerika, atau Anglo-Saxon dari pada pendekatan Eropa Kontingental.
Proses pengaturan standardisasinya berkembang dengan baik. Prinsip akuntansi
Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, serta dapat
diaplikasikan disemua bidang bisnis. Pada beberapa kasus, national banking
and securities commission mengeluarkan peraturan bagi perusahaan
terdaftar yang membatasi beberapa pilihan dalam menerima prinsip pembukuan yang
berlaku secara umum.
Persyaratan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan
keuangan dan audit berbeda-beda, tergantung pada tipe dan ukuran perusahaan.
Semua perusahaan yang berada dibawah hukum Meksiko (sociedades anonimas)
harus menunjuk minimal satu auditor berwenang untuk melapor pada para pemegang
saham terkait laporan keuangan tahunan.
Laporan Keuangan
Perbandingan laporan keuangan gabungan yang harus disiapkan
yaitu:
1) Neraca
2) Laporan laba
rugi
3) Laporan
perubahan ekiutas pemegang saham
4) Laporan
perubahan posisi keuangan
5) Catatan
Catatan adalah bagian yang melengkapi laporan atas perubahan
posisi keuangan (yang dibantu oleh laporan auditor) yaitu antara lain:
–
Kebijakan akuntansi pada perusahaan
–
Katersediaan material
–
Komitmen untuk pembelian saham substansial atau di bawah hak kontrak
–
Penjelesan mendetail mengenai utang jangka panjang dan kurs mata uang asing.
–
Batasan dividen
–
Jaminan
–
Rencana pension pegawai
–
Transaksi dengan perusahaan sejawat
–
Pajak
Patokan Akuntansi
Metode pembelian digunakan untuk menghitung bisnis gabungan. Goodwill merupakan
kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang asset bersih yang didapatkan.
Hal tersebut tidak diamortisasi, tetapi merupakan subjek untuk melakukan
pengujian penurunan nilai.
Akuntansi tingkat harga umum telah digunakan Meksiko.
Harga perolehan dari asset non moneter disajikan ulang dalam peso terhadap
kekuatan pembelian saat ini dengan menggunakan factor yang diturunkan
dari National Consumer Price Index (NCPI). Keuntungan atau kerugian yang
didapatkan karena menahan aset moneter dan utang yang dimaksudkan sebagai
pendapatan periode berjalan, akan tetapi pengaruh penyajian ulang tersebut
adalah pada ekuitas pemegang saham. Aset berwujud akan didepresiasi berdasarkan
masa manfaat/kegunaannya. Aset tidak berwujud diamortisasi berdsarkan masa
manfaatnya (tidak lebih dari 20 tahun) kecuali manfaatnya tidak terbatas,
dimana kasusnya tidak diamortisasi melainkan bergantung pada tes penurunan
nilai tahunan.
JEPANG
Pembukuan dan laporan keuangan Jepang menggambarkan adanya
percampuran dari pengaruh domestic dan internasional. Dua agensi pemerintahan
yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi, dan terdapat pengaruh
yang lebih jauh lagi dari undang-undang pajak penghasilan perusahaan Jepang.
Perusahaan Jepang memiliki ketertarikan ekuitas tersendiri,
dan sering kali bergabung dengan firma milik pribadi yang lain. Keterhubungan
daerah investasi industri konglomerat raksasa ini disebut kieretsu.
Bentuk bisnis keiretsu telah ditransformasi saat
Jepang mengambil alih perbaikan structural untuk menggerakkan stagnasi ekonomi
yang dimulai tahun 1999-an. Krisis keuangan yang mengikuti “pergerakan ekonomi”
Jepang juga disebabkan oleh review standardisasi laporan keuangan
Jepang. Sebagai contoh:
a) Hilangnya konsolidasi standardisasi menyebabkan adanya
perusahaan Jepang yang menutupi kerugian operasional dalam usaha gabungan.
Investor tidak dapat melihat apakah kegiatan operasional perusahaan sepenuhnya
benar-benar menguntungkan.
b) Kewajiban pensiun dan pesangon hanya diakui sekitar 40%
dari jumlah pinjaman karena hal itu merupakan batas pengurang pajak mereka. Hal
ini mengarah pada praktik rendahnya kewajiban pensiun.
c) Pemegang saham dibebani biaya, bukan berdasarkan harga pasar.
Dibuat untuk mempertegas kohesi darikeiretsu, sehingga saham silang sangatlah
luas. Perusahaan menahan mereka yang rugi, akan tetapi menjual mereka yang
untung untuk mendapatkan laba.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pemerintah nasional memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap akuntansi Jepang. Relugasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan
hukum, yaitu : undang-undang perusahaan (company law), undang-undang pertukaran
dan sekuritas (securities and exchange law) , dan undang-undang pajak
penghasilan perusahaan (corporate income tax law). Ketiganya badan hukum
tersebut saling berhubungan dan berinterasksi satu sama lain. Praktisi
terkemuka jepang menggambarkan situasi tersebut sebagai “ sistem legal
triangular “.
Kepemilikan perusahaan public harus memenuhi persyaratan
lanjutan dari undang-undang pertukaran dan sekuritas (SEL), yang diatur oleh
Financial Service Agency (FSA). Tujuan utama SEL adalah untuk menyediakan
informasi bagi pembuatan keputusan investasi.
Hingga kini, terdapat lembaga penasihat khusus terdapat FSA
bertanggungjawab untuk mengembangkan standarisasi pembukuan berdasarkan SEL.
Lembaga tersebut adalah Business Accounting Deliberation Council (BADC),
sekarang menjadi Business Accounting Council (BAC), dapat membantah
perubahan besar mengenai prinsip-prinsip yang berlaku umum pembukuan yang
diberikan di Jepang. Standarisasi pembukuan Jepang tidak boleh bertentangan
dengan hukum komersial. Oleh karena itu, triangulasi standardisasi pembukuan,
undang-undang perusahaan, dan undang-undang perpajakan masih tetap menjadi
gambaran dari laporan keuangan Jepang.
Japanese Institute of Certified Public Accountans (JICPA)
merupakan organisasi professional dari CPAs di Jepang. Seluruh CPAs harus
termasuk ke dalam JICPA. JICPA mengeluarkan panduan mengenai permasalahan
akuntansi, serta menyediakan input bagi ASBJ dalam mengembangkan standardisasi
akuntansi. Agensi pemerintahan, didesain untuk mengawasi dan mengontrol auditor
serta meningkatkan kualitas audit di Jepang. Hal ini dicantumkan dalam FSA pada
tahun 2004.
Laporan keuangan
Perusahaan yang bergabung di bawah undang-undang perusahaan
dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat
rapat para pemegang saham, yang isinya antara lain:
1) Neraca
2) Laporan laba rugi
3) Laporan atas perubahan
ekuitas pemegang saham
4) Laporan bisnis
5) Jadwal terkait
Beberapa jadwal pendukung juga dibutuhkan, tetapi terpisah
dari catatan, yaitu:
Perubahan pada obligasi dan utang jangka pendek dan panjang
Perubahan pada aktiva tetap dan akumulasi penyusutan
Asset yang dijaminkan
Jaminan utang
Perubahan pencadangan
Jumlah dari dan untuk pemegang saham
Kepemilikan ekuitas dalam anak perusahaan serta jumlah saham
anak perusahaan
Penerimaan dari anak perusahaan
Transaksi dengan direktur, auditor berwenang, pemegang saham
dan pihak ketiga yang menghasilkan konflik kepentingan
Pembayaran gaji kepada direktur dan auditor berwenang
Patokan akuntansi
Undang-undang perusahaan membutuhkan perusahaan besar untuk
mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Akun perusahaan pribadi merupakan
dasar bagi laporan gabungan, dan prinsip akuntansi yang sama normalnya
digunakan pada kedua tingkatan.
Persediaan yang ada harus dihitung apakah cocok dengan biaya
atau lebih rendah atau nilai keuntungan bersih. FIFO, LIFO, serta metode biaya
rata-rata semuanya menerima metode cost-flow (arus-biaya), dengan
rata-rata yang paling popular. Investasi dalam saham dinilai pada harga
pasar. Asset tetap dinilai pada biaya dan didepresiasi yang berkenaan dengan
hokum perpajakan. Metode declining-balance (saldo-menurun) merupakan
depresiasi yang paling umum. Aset bersih juga diuji dengan penurunan
nilai.
Biaya penelitian dan pengembangan juga dibebankan saat
terjadinya. Kontrak sewa yang memindahkan kepemilikan terhadap penyewa
dikapitalisasi. Sewa – menyewa keuangan lainnya mungkin kapitalisasi atau
dianggap sebagai kontrak operasional. Pajak tangguhan dipersiapkan untuk
perubahan sepanjang waktu dengan menggunakan metode kewajiban. Kerugian bersyarat
dipersiapkan hingga terbuka kemungkinan dan dapat diperkirakan. Keuntungan bagi
para pensiunan dan pegawai yang diberhentikan diakui secara penuh karena
pegawai berhak mendapatkannya, dan obligasi tanpa dana seperti kewajiban.
Dibutuhkan cadangan setiap tahun perusahaan harus mengalokasikan sejumlah
minimal 10 persen kas dividend an bonus yang dibayarkan pada direktur dan
auditor berwenang hingga cadangan mencapai 25 persen dari saham.
Banyak praktik akuntansi mendeskripsikan bahwa hal tersebut
diimplementasikan pada beberapa tahun terakhir sebagai hasil dari akuntansi big
bang yang disebutkan sebelumnya. Perubahan tersebut antara lain:
Adanya kebutuhan daftar perusahaan untuk laporan arus kas.
Penambahan jumlah anak perusahaan yang bergabung berdasarkan
control daripada persentase kepemilikan.
Penambahan jumlah perusahaan afiliasi yang dilaporkan
menggunakan metode ekuitas berdasarkan signifikansi pengaruh daripada
persentase kepemilikan.
Menilai investasi sekuritas pada pasar bukan pada biaya.
Menilai persediaan dengan biaya yang lebih rendah atau nilai
bersih daripada dengan biaya.
Pencadangan penuh atas pajak tangguhan dan
Akrual penuh bagi kewajiban pensiun dan pemberhentian kerja
lainnya.
Akuntansi di Jepang sedang diubah agar dapat mengikuti IFRS.
CINA
Cina memiliki seperempat populasi dunia, dan reformasi
orientasi pasarnya membantu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat.
Cirri-ciri penting mencakup pembagian sistem kepemilikan saham, privatisasi dan
pengembangan penukaran saham terorganisir,dan pendaftaran saham perusahaan Cina
dalam Bursa Saham Barat.meskipun demikian, perusahaan milik negara masih
mendominasi banyak kunci industri pada apa yang orang Cina sebut “ekonomi pasar
sosialis”, yaitu ekonomi berencana dengan adaptasi pasar.
Karakteristik dasar akuntansi di Cina dimulai sejak
pertumbuhan RRC pada tahun 1949. Cina menerapkan program ekonomi yang sangat
terpusat, memperlihatkan prinsip dan pola Marxis meniru sistem kesatuan
Soviet. Negara mengendalikan kepemilika, hak guna, dan distribusi untuk
semua sarana produksi, dan memberlakukan pelaksanaan dan pengendalian ekonomi
yang disiplin. Produksi menjadi prioritas utama perusahaan milik negara. Mereka
menjual dan memberi harga yang ditentukan oleh otoritas program negara, dan penetapan
biaya keuangan produk mereka diatur oleh departemen keuangan negara.
Berdasarkan sistem ini, tujuan akuntansi adalah memenuhi kebutuhan negara
untuk program dan pengendalian ekonomi. Susunan persamaan standar akuntansi
telah dikembangkan supaya menyatukan informasi ke dalam perencanaan
ekonomi nasional. Sistem akuntansi yang seragam/terpusat berisikan semua aturan
akuntansi yang dimandatkan pada perusahaan milik negara kesuluh negeri.
Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hidbrid,
dimana negara mengontrol komoditas dan industri strategis, sementara industri
lainnya, seperti perdagangan dan sector swasta, ditumbuhkan dengan sistem yang
berorientasi pada pasar. Peran pemerintah telah berubah dari pengaturan makro
dan mikro ekonomi menjadi satu pengaturan level makro.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards
for Business Enterprises (ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang
dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya
menyeragamkan praktik domestic dan akuntansi Cina dengan praktik
internasional. ASBE adalah peristiwa penting dalam pergerakan pasar
ekonomi Cina. Sebelum ASBE, Cina menggunakan lebih dari 40 regulasi sistem
akuntansi yang berbeda, bermacam-macam industri dan tipe kepemilikan. Dengan
demikian, salah satu motif dibuatnya ASBE adalah untuk menyeragamkan praktik
akuntansi domestik. Menyeragamkan akuntansi Cina dengan praktik
Internasional dijalankan untuk menghapus hambatan dalam berkomunikasi dengan
investor asing dan membantu menyesuaikan dengan kebutuhan ekonomi yang sedang
masa perubahan.
Standar dasar akuntansi di Cina, antara lain:
– Ketentuan umum:
pemeliharaan, pembuatan keputusan di bidang ekonomi, perusahaan menguntungkan,
berbasis percadangan (accrual).
– Informasi
persyaratan akuntansi kualitatif : representasi terpercaya, relevansi,bisa
dipahami,bisa dibandingkan, isi melebihi bentuk, penilaian.
– Penjelasan tiap
elemen : asset, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, beban dan laba.
– Pengukuran
akuntansi: pada umumnya, biaya perolehan; jika elemen-elemen yang diukur pada
biaya penggantian, nilai realisasi bersih, nilai sekarang, atau harga pasar,
perusahaan harus yakin bahwa jumlah tersebut ada dan bisa diukur.
– Laporan keuangan:
neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan catatan.
Pelaporan Keuangan
Periode pembukuan diminta sesuai dengan kalender tahunan.
Laporan keuangan terdiri atas:
1) Neraca
2) Laporan keuangan
3) Laporan arus kas
4) Laporan perubahan ekuitas
5) Catatan
Patokan Akuntansi
Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian. Goodwill adalah
perbedaan antara biaya dan harga pasar asset dan kewajiban yang diakuisisi.
Perbedaan ini diuji untuk tes penurunan nilai tahunan. Metode ekuitas
digunakan bagi investasi dalam rekanan, semua hal menyangkut dengan investee memiliki
pengaruh yang signifikan. Metode ekuitas juga digunakan untuk menghitung usaha
gabungan (joint ventures). Semua cabang tergabung dan dibawah kendali induk
perusahaan.
Harga perolehan adalah basis untuk penilaian asset berwujud,
revaluasi tidak diperbolehkan. Metode akselerasi dan depresiasi unit produksi
juga bisa diterima. FIFO dan rata-rata adalah metode pembiayaan yang bisa
diterima dan persediaan ditulis dalam penurunan harga dan keusangan. Asset
tidak berrwujud yang dimiliki dicatat sebagai biaya. Oleh karena sebagaian
besar wilayah dan properti industrial Cina dimiliki oleh negara,
perusahaan yang berhak untuk menggunakan area dan hak properti industri
diperlihatkan sebagai asset tidak berwujud. Lembaga penilaian asset atau
lembaga CPA yang menentukan semua penilaian ini.
Biaya riset dibebankan, tetapi biaya pengembangan
dikapitalisasi jika kelayakan teknologi dan biaya pemulihan dibuat. Financial
lease dikapitalisasi. Pajak tangguhan diberikan secara penuh untuk semua
perbedaan sementara. Keuntungan pegawai dibebankan ketika didapatkan bukan
ketika dibayar. Kewajiban bersyarat diberikan saat ada kemungkinan
terjadi dan jumlahnya bias benar-benar diperkirakan.
INDIA
Masyarakat India telah memiliki peradaban lebih dari 5000
tahun. Urbanisasi besar-beasran didasari oleh perniagaan dan perdagangan
pertanian mulai di Lembah Sungai Indus (di barat laut) sekitar 3000 SM.
Perekonomian Eropa mulai bersaing dengan India setelah
Portugis tiba pada tahun 1498. Dari tahun 1497 sampai akhir 1970-an, ekonomi
India digolongkan dengan bergaya program sosialis pemerintah terpusat dan
industry pengganti barang impor. Produksi ekonomi telah berubah dari pertanian,
kehutanan, perikanan, dan manufaktur tekstil dengan beragam industri berat dan
transportasi. Akan tetapi, kurangnya persaingan berakibat pada rendahnya
kualitas produk dan inefisiensi dalam produksi. Menghadapi krisis ekonomi,
pemerintah mulai melaksanakan ekonomi terbuka pada tahun 1991. Reformasi
ekonomi pasar diadopsi sejak saat itu, termasuk privatisasi industri pemerintah,
pembebasan investasi asing dan rezim bursa, pengurangan tarif dan hambatan
perdagangan lainnya, perubahan dan modernisasi sektor keuangan, penyesuaian
kekuasaan pemerintah secara signifikan dan kebijakan fiskal, serta penjagaan
hak intelektual. Akan tetapi, sebagian besar industri berat masih dimiliki
pemerintah, dan tarif tinggi serta membatasi investasi asing langsung terjadi.
Sektor jasa telah terbukti menjadii sektor India yang paling dinamis pada saat
itu, dimana telekomunikasi dan teknologi informasi memiliki pertumbuhan yang
pesat.
Pertumbuhan ekonomi berikutnya dibatasi oleh infrastruktur
yang tidak memadai, hambatan birokrasi dan birokrasi berlebihan, kekakuan buruh
pasar, dan korupsi. Infrastruktur yang kurang bisa diandalkan dan kurang bisa
digunakan khususnya listrik, dipandang oleh banyak kalangan sebagai salah satu
terobosan yang paling penting untuk pertumbuhan masa depan. Birokrasi
berlebihan juga membebankan biaya yang besar pada bisnis di berbagai bagian
Negara. Pada akhirnya, hukum buruh membebankan biaya ekstra- sebagai contoh,
sogokan kepada inspektur. Perubahan yang dimulai 1991 telah memutus kendali
birokrasi dan mendorong terciptanya pasar yang paling kompetitif. Kebanyakan
pengamat sepakat bahwa perubahan lebih jauh dan investasi modal tambahan dalam
infrastruktur dibutuhkan supaya India menjadi pemain ekonomi terpandang.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pengaruh bangsa Inggris meluas pada akuntansi: pelaporan
keuangan ditujukan pada saat presentasi wajar dan ada profesi akuntansi
independen yang mengatur standar akuntansi dan proses audit. Dua sumber utama
standar akuntansi keuangan di India adalah lembaga hukum dan profesi akuntansi.
Penetapan lembaga pertama diatur dalam UU tahun 1857, dan hukum pertama
berhubungan dengan pemeliharaan dan pemeriksaan catatan akuntansi yang telah
dilaksanakan tahun 1866, bersamaan dengan kualifikasi resmi auditor pertama.
Keduanya berlandaskan hukum inggris.
Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbarui oleh agen
pemerintah, Departemen Urusan Perusahaan. Akta tersebut menyediakan cara kerja
yang luas yang disebut kitab akuntansi dan persyaratan untuk sebuah audit.
Menurut akta, kitab akuntansi:
Ø Harus memberikan sudut pandang yang adil dan
sebenarnya menyangkut status urusan perusahaan.
Ø Harus tetap pada basis akrual sesuai dengan sistem
akuntansi pencatatan ganda.
Akta ini mewajibkan neraca yang telah diaudit dan akun
laba-rugi telah ditandatangani oleh jajaran direktur. Laporan tambahan direktur
harus memuat status urusan perusahaan, ketetapan materinya, rekomendasi
dividen, dan informasi penting lainnya guna memahami sifat bisnis perusahaan
dan anak perusahaan.
Dewan Akuntansi Standar- Accounting Standards Board
menerbitkan Indian Accounting Standards(AS), dan Dewan Audit dan Asuransi
Standar- Auditing and Assurance Standards Board menerbitkan Auditing
Assurance Standards(AAS). AS menurut undang-undang berwenang , dan AAS adalah
prasyarat untuk praktik proses audit. Institut diawasi oleh Departemen Urusan
Perusahaan. Tahun 2006, pemerintah mengumumkan bahwa hal itu cenderung untuk
memperkenalkan legislasi baru perusahaan yang menyerahkan AS dengan Internation
Financial Reporting Standards.Institut menentukan tugas untuk mempelajari
kemungkinan untuk memakai IFRS secara penuh, tanpa modifikasi, seperti AS.
Ada 22 saham di India, yang paling tua adalah Mumbai(
Bombay) bursa saham, didirikan pada tahun1875 dan sekarang terdaftar lebih dari
6000 saham. Ketentuan agen yang mengawasi fungsi pasar modal adalah
Securities and Exchange Board of India (SEBI), agen departemen keuangan yang
dibentuk tahun 1988 dan diberi kewenangan secara hukum tahun 1992. Pada garis
besarnya, pembukuan dan pengungkapan kebutuhan bagi perusahaan terdaftar sama
dengan mereka yang ada di AS.
Pelaporan Keuangan
Laporan keuangan India itu terdiri dari :
–
Neraca dua tahun
–
Laporan laba rugi
–
Laporan arus kas
–
Kebijakan akuntansi dan catatan
Bagi perusahaan yang tidak terdaftar hanya menyiapkan
laporan intinya saja, akan tetapi bagi perusahaan yang terdaftar harus
menyiapkan laporan gabungan dan laporn inti.bukan laporan ekuits
pemegang saham maupun laporan laba menyeluruh yang diminta. Perusahaan yang
terdaftar pada pasar modal juga harus menyediakan diskusi dan analisis manajemen
yang mencakup semua topic seperti halnya strukttur industri dan
pengembangannya, kesempatan dan ancamanyang dihadapi oleh perusahaan,, kendali
internal, dan risiko yang mempengaruhi performa bisnis atau produk. Perusahaan
yang terdaftar juga harus menyediakan laporan keuangan triwulan.
Pengukuran Akuntansi
Anak perusahaan digabungkan ketika induk perusahaan memiliki
saham lebih dari setengah kemampuan voting atau mengontrol pengaturan
komposisi dewan direktur.tidak ada standar pembukuan untuk penggabungan
usaha, tetapi kebanyakan dari mereka dihitung sebagai pembelian. Akan tetapi,
metode penyatuan bunga (pooling) digunakan bagi perusahaan merger(amalgamations).
Goodwill berbeda diantara perhitungan yang ada dan hasil jumlah asset dan
hutang yang diperoleh. Praktik yang seragam antara goodwill yang
tidak diamortisasi sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Goodwill juga
dikaji ulang untuk penurunan nilainya. Penggabungan yang proporsional digunakan
untuk kesatuan kendali gabungan (usaha gabungan/ joint venture). Metode
ekuitas digunakan pada akun afiliasi- terhadap entitas yang memiliki pengaruh
yang signifikan namun bukan kendali..
Penyesuaian pertukaran mata uuang dalam laporan keuangan
untuk usaha asing bergantung pada apakah kesatuan (induk) laporan perusahaan
itu integral atau non integral. Aset dan utang usaha non integral asing
disesuaikan pada penurunan nilai tukar pendapatan dan beban disesuaikan dengan
nilai tukar pada tanggal transaksi dan menghasilkan penukaran yang berbeda yang
dikaumulsi dalam nilai tukar mata uang asing yang dicadangkan pada neraca. AS
tidak memiliki ketentuan untuk hiperinflasi perekonomian anak perusahaan.
Asset tetap nilai baik dalam harga perolehan atau harga
wajar. Revaluasi harus diterapkan pada keseluruhan golongan aset tetap, tapi
tidak ada persyaratan yang menyatakan bahwa revaluasi bisa dilakukan dalam
interval beraturan. Depresiasi dialokasikan secara berkala terhadap penggunaan
asset. Jika asset direvaluasi, depresiasi didasari oleh jumlah yang
direvaluasi. Asset tidak berwujud biasanya diamortisasi lebih dari 10 tahun. Goodwill yang
dihasilkan dari dalam atau asset tidak berwujud lainnya( contoh, merek dagang)
tidak diakui sebagai asset. Biaya penelitian dibebankan saat terjadinya, namun
biaya pengembangan mungkin bisa ditangguhkan jika kelayakan produk atau proses
telah diperlihatkan dan biaya pemulihan masuk akal. Biaya persediaan dihitung
lebih rendah atau lebih bersih yang dapat dicapai. FIFO dan rata-rata adalah
metode arus kas yang bisa diterima.
Sewa pembiayaan dikapitalisasi dalam nilai lancar pasar dan
didepresiasi terhadap masa penggunaan sewa. Sewa operasional dicatat sebagai
biaya dengan metode garis lurus selama masa sewa. Biaya imbalan pasca kerja
pegawai dihitung ketika pegawai mendapatkan bukan ketika dibayar. Kerugian
bersyarat disediakan ketika mungkin terjadi dan nilai yang diestimasi tersebut
bisa tercapai. Pajak tangguhan dan kewajiban tidak dikurangi dengan nilai
sekarang.
REFFRENSI :
Choi, Frederick D. S. Meek, Gary K. International
AccountinG. BUKU 1 EDISI 6. SALEMBA EMPAT
Inilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, jadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com
BalasHapusDATA PEMOHON:
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Sudahkah anda melamar dulu;
16) tanggal lahir;
Terima kasih,
Nyonya Christian.